Halaman

Jumat, 11 Mei 2012

Cara Mengatasi Insomnia

Cara Mengatasi Insomnia

Tentunya anda tidak asing lagi dengan penyakit Insomnia. Banyak keluhan dari orang-orang akibat penyakit tersebut.

Kebanyakan orang menilai bahwa Insomnia itu disebabkan karena stress atau banyak fikiran. Sebenarnya tidak hanya dua masalah tadi. Beberapa penyebab Insomnia misalnya:


▶ Karena seseorang yang mempunyai penyakit yg terkadang bisa mengganggu ketika ingin tidur, misalnya Demam, Asma, Maag, dll.

▶ Karena memiliki sifat yang buruk menjelang tidur seperti: minum-minuman keras, merokok, minum kopi, dan sejenisnya.

▶ Karena melakukan pekerjaan yang masih dilakukan pada jam istirahat/tidur yang masih belum selesai, hal ini bisa menyebabkan tidak mengantuk, karena memikirkan pekerjaannya tadi.

▶ Karena suasana lingkungan yang sangat mengganggu seperti suara berisik, dsb.


Sebenarnya Insomnia bukan sebuah penyakit, tetapi pada dasarnya Insomnia disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat.


Nah, saya mempunyai beberapa tips untuk mengatasi, bahkan bisa menghentikan Insomnia.


▶ Sebaiknya hindari hal hal yang membuat kita tidak mengantuk seperti rokok, alkohol, dan kopi pada saat jam malam yang seharusnya kita harus tidur.

▶ Sebaiknya hindari kegiatan seperti membaca, menonton tv, memainkan ponsel, memainkan komputer/laptop/notebook dan hentikan pekerjaan menjelang tidur, minimal satu jam sebelum tidur.

▶ Sebaiknya sebelum tidur, minumlah segelas susu hangat menjelang tidur.

▶ Sebaiknya jangan terlalu memikirkan banyak pikiran, hal ini bisa membuat anda susah tidur, jika anda memiliki banyak pikiran. Beribadahlah agar di beri ketenangan sehingga tidak mengakibatkan setres yang berlebihan.

▶ Hindarilah tidur siang  yang terlalu berlebihan, jika tidur siang terlalu berlebihan anda bisa susah tidur di malam hari.

▶ Biasakan tidur dan bangun tidur dengan teratur, karena jika anda tidur yang tidak teratur akan mengganggu hari-hari berikutnya


Itulah beberapa Cara Mengatasi Insomnia , tidur teratur adalah kebutuhan yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat, dan sebaliknya jika kurang tidur membuat orang akan mengantuk di hari berikutnya dan cenderung terserang penyakit seperti Serangan Jantung, dan mengacaukan Sistem Kerja Otak.

Nah, itulah sebagian tips dari saya. Semoga bermanfaat buat kalian.


Published with Blogger-droid v2.0.4

1 komentar:

Eri Haryati mengatakan...

aku juga kadang-kadang insomnia gara2 kebanyakan tidur siang.
btw,,thanks buat tips nyaa.

eryharyati.blogspot.com